BE AN EXCELLENT EVENT ORGANIZER

Moment Pelatihan Administrasi dan Up Grading pengurus JMV (Jamaa’ah Muslim Veteriner) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga 2011

Suara takbir dari salah satu ruang kelas di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga meramaikan suasana pagi itu. Acara pelatihan SOP yang dihadiri oleh para pengurus yang menjadi peserta pelatihan SOP akan menjadi atom-atom mayoritas semangat jihad fisabilillah yang luar biasa. Diawali dengan sambutan oleh ketua umum Jama’ah Muslim Veteriner, Akhi Saiful Amin, semarak semangat dari teman-teman semakin terlihat. Membaca dan memahami arti dari QS Al-Baqarah ayat 214 yang artinya “Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa malapetaka dan kesengsaraan, serta diguncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya. “Bilakah datangnnya pertolongan Allah?” Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu sangat dekat”. Ayat tersebut menjelaskan bagaimanapun sulitnya berdakwah, sesungguhnya Allah akan selalu menolong hamba yang memperjuangkan agama-Nya, dan tidak lupa mengganjarnya dengan pahala yang luar biasa. “Selain itu, sebagai seorang muslim kita harus selalu menjaga dan mengingatkan muslim lain dalam menjalankan amanah ini,” begitulah yang disampaikan Akh Saiful Amin pada pembukaan pelatihan SOP dan Up Grading tersebut.

Dengan bismillah, acara pelatihan SOP dan Up Grading pengurus  JMV FKH UNAIR 2011 dimulai. Materi demi materi harus dilahab habis oleh para peserta dan diharapkan dapat difahami dan menstimulus neuron saraf bergabung dengan seluruh sistem koordinasi jasadiyah. Akhi Arifi, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR angkatan 2007 pagi itu memberikan materi pertama di pelatihan SOP. Persepsi menentukan aksi, begitulah slogan beliau untuk para peserta pelatihan. Persepsi adalah dasar dimana suatu organisasi mengerti maksud dan tujuan kedepan. Pembagian job deskripsi harus jelas dan pasti agar tidak terjadi tumpang tindih pemahaman dan kesalahan komunikasi. Setiap amanah yang sudah diberikan di suatu organisasi harus benar-benar dilaksanakan untuk selanjutnya dipertanggungjawabkan ke semua pengurus dan anggota. Seberti yang sudah diterangkan dalam QS Al-Muddassir ayat 38 yang artinya “ Tiap-tiap diri akan dipertanggung jawab atas apa yang telah dibuat” dan pertanggung jawaban yang paling besar atas kinerja kita dalam organisasi adalah pertanggung jawaban kepada Allah SWT.

Materi diakhiri dengan simulasi kerja organisasi. Seperti yang sudah dijelaskan pada Q.S At-taubah ayat 105 “Dan katakanlah ‘Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan”, action adalah hal yang paling utama dalam menentukan kriteria keberhasilah. Meskipun hanya sedikit, akan tetapi jika dilakukan secara istiqomah maka akan menjadi pahala yang sungguh luar biasa, “Allah menyukai ibadah yang dilakukan meskipun sedikit tapi terus-menerus.” (H.R Muslim).

Pada simulasi, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dengan penugasan sama persis seperti sebuah kepanitiaan. Tiap kelompok diharuskan membuat proposal lengkap dengan surat dan undangan. Baik itu kegiatan rutin, kontinyu, dan insidental. Diharapkan dengan penugasan tersebut, masing-masing peserta dapat mengerti tentang SOP lebih dalam dan diberi kemudahan jika mereka menjadi bagian panitia dalam kegiatan internal JMV maupun ekternal JMV. “Mudahkan, jangan dipersulit dan tak seorangpun yang mempersulit agama kecuali pasti ia telah dikalahkannya (H.R Bukhari dari Abu Hurairah R.A)”.

Semakin siang acara pelatihan administrasi dan up grading JMV, semakin antusias pula para peserta untuk menerima materi selanjutnya. Materi kedua disampaikan oleh akhi Asset At-Taqwa, mahasiswa Fakultas Farmasi UNAIR sekaligus Mas’ul UKMKI UNAIR. “AKU BANGGA” adalah judul materi yang dibawakan saat itu. Bangga itu adalah kelebihan, kebermanfaatan dan harapan, begitulah kata akh Asset. I’m proud of Addinul Islam, I’m proud being a Muslim. Sebagai seorang muslim, kita semua harus bangga baik terhadap Islam dan muslim. Kemudian kelebihan apa yang dimaksud? Kelebihan itu terletak pada Islam. Islam adalah agama yang universal dan kopleks. Semua urusan dunia dan akhirat telah diterangkan secara jelas di dalamnya, begitu juga syumuliyatul zaman, minhaj, dan makan yang mengandung kelebihan tersendiri, yangni Islam yang komprehensif. Kebermanfaatan ketika kita bagga kepada Islam adalah Rahmatan Lil’alamin, Rahmat bagi seluruh alam. Sedangakan harapan yang menjadi kebanggaan islam adalah bagaimana muslim bangga terhadap islam dan semua harapan yang telah dibangun oleh kebanggaannya itu dapat terwujud. Keseluruhannya adalah tugas dan tanggung jawab bagi setiap muslim untuk bangga terhadan Islam. Membangun kebanggaan sendiri dapat ditempuh dengan meningkatkan IlmuaAgama, berdakwah, menyelami kisah-kisah Nabi, Sahabat, dan Ulama, menjauhi kemaksiatan dan perbuatan sia-sia.

Setelah ISHOMA, acara dilanjutkan dengan up grading pengurus. Hal ini bertujuan agar anggota terkhusus pengurus JMV dapat menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan tetap menyandang kebanggaan terhadap JMV dan yang paling penting kebanggan kepada Islam rahmatan lil’alamin. Up grading sore itu di isi dengan simulasi materi pelatihan administrasi, diskusi keislaman, dan game solidaritas. Bagaimana membentuk kepengurusan yang solid, bekerja tim, saling menjaga ukhuwah, serta disiplin waktu. Selain itu juga teman-teman diajak untuk diskusi kasus jika menghadapi orang yang masih awam dengan islam dan SKI khususnya. Pernyataan tentang komitmen juga di tanyakan ketika up grading. Serangkaian acara pelatihan administrasi dan up grading JMV di tutup dengan renungan dan pemberian motivasi oleh mas’ul JMV 2011. Diharapkan, setelah kegiatan ini teman-teman pengurus JMV 2011 lebih semangat dalam menjalankan amanah-amanahnya dengan kebanggan Islam, Menjadi pribadi muslim yang luarbiasa, serta menjadi para calon dokter hewan yang kompeten diberbagai bidang disertai iman yang kuat dan ilmu yang manfaat. Amin Allohumma Amin, Ya Rabbal’alamin.

Sby, 4032011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s