SEMANGAT BARU UNTUK ISLAM

Ruang Student Center Lantai 1 Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR, 19 Oktober 2011

          Muda dan bersemangat, inilah sosok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan  yang baru menjajaki kehidupan mahasiswanya sekitar 2 bulan di FKH. Tidak ingin kalah dengan kakak seniornya, mahasiswa baru FKH berbondong-bondong mengikuti kegiatan “WELCOME PARTY” sebagai event penyambutan pengurus baru JMV (Jama’ah Muslim Veteriner) FKH UNAIR 2011. Setelah di tempa dalam seleksi Open Rekruitmen yang dilaksanakan selama 2 minggu , terlihat minat dan semangat mahasiswa baru dalam keikutsertaan mensyiarkan Islam sangat luar biasa. Kuota pendaftaran melebihi kapasitas, total hasil peserta seleksi yang diterima sekitar 17 ikhwan dan 15 akhwat, hal ini mengalami kenaikan jumlah dari tahun sebelumnya. Subhanallah.

Materi dimulai pukul 15.30, dengan di awali salamm dan tilawah, berharap acara ini berjalan dengan lancar serta untuk jalan perekrutan dan pembinaan  kedepannya bermanfaat dan barokah. Materi pertama disampaikan oleh mas’ul JMV 2010/2011 oleh Akh. Saiful FKH ’08 tentang k-JMVan. Peserta menyimak dengan fakus materi yang mejelaskan pentingnya syi’ar islam di FKH, serta pentingnya JMV sebagai sarana dakwah agar kedepannya dapat mengkiprahkan segala program yang bermanfaat untuk membentuk mahasiswa FKH UNAIR Excellence with Morality”.

Materi kedua di sampaikan oleh Akh Yudha mengenai pentingnya mentoring. Sekilas tentang biografi akh Yudha, beliau pernah menjabat menjadi mas’ul JMV tahun 2007 yang pada saat itu bisa dikatakan masa-masa sulit islam di syi’arkan di FKH. Akan tetapi, karena azam ikhwah JMV pada masa itu sangat kuat dan didasari karena Alloh SWT, JMV dapat bertahan dan berkembang samapai saat ini. Seperti taujih beliau di acara WP tersebut, “usaha masa lalu adalah penentu hasilmu di masa depan”. Dijelaskan pula dalam A-Qur’an QS. Muhammad : 7

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Hai orang-orang mu’min, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.”

Mentoring merupakan hal yang harus memiliki perhatian khusus. Melihat mentoring adalah peletak generasi dasar pembentuk mahasiswa yang berkepribadian islam menuju kampus excellent with morality. Mentoring juga memilki kelebihan tersendiri dalam penyampaian materi tentang islam. Poin penting tersebut adalah :

1.      Kemauan untuk berbagi

2.      Meluangakan waktu, sehingga dapat memberikan pelatihan mengatur waktu

3.      Kemampuan berbicara dengan diskusi dan sharing

4.      Meteri yang terstruktur

Mentoring adalah sangat penting. Karena mentoring sebenarnya adalah proses untuk “akselerasi kedewasaan”. Kedewasaan ini, sangatlah luas, bisa jadi, kedewasaan dalam memahami Islam,kedewasaan dalam berilmu sesuai pilihan kompetensinya, kedewasaan dalam mensikapi masalah, kedewasaan dalam memilih keputusan, bahkan kedewasaan dalam bergaul- mengenal karakter manusia.

“Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani , karena kamu selalu mengajarkan Al Kitab dan disebabkan kamu tetap mempelajarinya” (QS Ali Imran : 79)

Mentoring bukanlah segalanya, tetapi segalanya berawal dari mentoring

-Nuur I-

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s