Smart Trick Sukses di Dunia kampus

Nah , untuk urusan yang satu ini, `tidak sedikit pelajar atau mahasiswa yang karena terlalu keasyikan berorganisasi sampai lupa dengan masalah akademisnya. Tanda-tanda yang melekat diantaranya seperti boos kuliah, titip absen dengan alasan-alasan tidak jelas.

Ada kata-kata menarik yang dikemukakn salah seorang sahabat lulusan ITB jurusan teknik informatika. Saat dimintai untuk berbagi motivasi pada kuliah subuh dalam rangka acara Forum Indonesia Muda. Beliau yang bernama lengkap Muhammad Fajrin Rasyid menceritakan pengalaman pribadinya hingga mendapatkan kesuksesan dalam bidang akademisnya. Statement yang keluar dari mulutnya yang juga menjadi salah satu prinsip hidupnya yaitu “kalau IPK dipandang sebagai hal yang sepele, masa dengan hal yang sepele saja kita gagal? Mana mungkin kita layak mendapatkan amanah yang lebih besar jika dengan hal sepele saja sudah gagal?” tepat sekali untaian kalimat yang disampaikan Muhammad fajrin,dengan prinsip itu pula beliau berhasil menjadi salah satu mahasiswa Indonesia yang mengikuti student exchange ke Daejon University selama satu tahun. Cita-citanya pun tidak main-main, melanjutkan S2 di MIT USA.

Lalu bagaimana caranya agar tidak hanya jago organisasi, senang organisasi, dan terdepan dalam aksi namun juga sukses dalam urusan akademis? Ada beberapa “smart trik” yang terbukti ampuh apabila diterapkan. Yaitu :

1.    Buat Goal Setting Yang Jelas. Untuk apa kuliah? Pertanyaan ini menjadi sangat penting, karena akumulasi dari niatlah munculnya tekad, tekad yang berbuah aksi nyata yang akan berdampak pada hasil yang akan dicapai. Saat beberapa mahasiswa ditanya tentang apa tujuan mereka kuliah, tidak jarang dari mereka yang menjawab karena dipaksa orang tua, karena iseng, cari si do’I atau bahkan hanya mengisi kekosongan waktu semata. Namun ada pula mahasiswa yang memang dari awal mempunyai tujuan spesifik yang jelas. Maka, tentukanlah apa sebenarnya tujuan berkuliah!

2.    Pahami Buku Panduan Akademik. Penting sekali memahami dan membuat strategi yang tepat dari panduan akademis yang kita miliki. Dari mulai SKS yang harus di ambil selama perkuliahan, mata kuliah wajib dan pilihan, mekanisme seminar dan skripsi, panduan membuat makalah (setiap Universitas berbeda-beda) hingga system perkuliahan yang berlaku.

3.    Kenali Karakter Belajar. Cara belajar di dunia kampus jauh berbeda dengan sewaktu kita belajar di sekolah menengah. Salah satu strateginya adalah sesegera mungkin mengetahui mana pola belajar yang paling cocok bagi kita salah satunya dengan cara mengingat-ingat kembali masa-masa indah belajar di SMA. Temukan cara belajar seperti apa, dengan suasana seperti apa kita dapat dengan mudah menyerap ilmu dan berada di level konsentrasi tertinggi. Misalnya: saya cepat menyerap ilmu dan menghafal di saat yang hening pada pukul 03.00 pagi setelah sholat tahajjud.

4.    Buat Rencana Kesuksesan Akademik

Misalnya:

Tahun pertama: focus kuliah dengan meraih IP yang sanggat bagus, sambil mencoba-coba beberapa organisasi mahasiswa yang sesuai minat bakat.

Tahun kedua: mulai lebih serius berorganisasi sambil lebih memahami ilmu sesuai dengan jurusan, ikut perlombaan untuk mengukur potensi diri, IP minimal 3.5 dan mengikuti klub bisnis.

Tahun ketiga: mulai focus pada satu bidang yang disenangi atau yakin mendapat “expert” di bidang tsb, mulai melatih diri dengan proyek atau pekerjaan sesuai dengan komprtensi diri dan mulai membangun nama baik dan relasi

Tahun keempat: membuka bisnis dengan ilmu yang didapat selama berada di masyarakat kampus juga beberapa komunitas bisnis yang menginspirasi sambil menyusun skripsi, lulus 3.5 tahun dengan IPK minimal 3.6. organisasi sukses, jaringan banyak, kuliah mantap.

5.    Nilai Mata kuliah Kurang Memuaskan ?. Semuanya adalah pilihan. Jika target kita lulus cepat, maka jangan terlalu memikirkan nilai mata kuliah yang kurang memuaskan. Sebaiknya ambial dulu mata kuliah yang dapat di ambil semester itu atau mata kuliah-mata kuliah semester atas. Jika masih ada kesempatan untuk mengulang pada semester-semester akhir perkuliahan tanyakanlah pada diri anda sendiri perlu atau tidak, kalau memang bertekat untuk tidak ada nilai B atau C sehingga harus mengulang, silahkan mengulang!

6.    Ambil dahulu mata kuliah Prasyarat. Banyak yang tidak dapat mengambil matakuliah semester atas karena belum mengontrak mata kuliah prasyarat. Banyaklah bertanya pada pembimbing akademik,wali atau kakak tingkat tentang mana saja mata kuliah yang menjadi mata kuliah prasyarat.

7.    Banyak Membaca Dan Berlatih. Membaca bermanfaat untuk memperluas ilmu dan wawasan. Berlatih membuat kita terampil dalam suatu bidang. Sering lah berkunjung ke perpustakaan atau toko buku. Sekedar membaca buku yang disuka pun tidak masalah untukpembiasaan awal. Selanjutnya mulailah membaca semua literature yang menunjang pencapaian mimpi-mimpi kita di masa mendatang. Tentunya kita semua telah mengetahui keutamaan ilmu disbanding dengan harta. Ilmu menjaga diri kita,sedang harta kitalah yang menjaganya. Ilmu tidak akan habis jika diberikan bahkan bertambah, sedangkan harta akan habis jika dibagi.

8.    Miliki orang-orang Hebat di Sekeliling kita. Mulailah kita lebih banyak memanfaatkan waktu untuk belajar dari orang-orang hebat.orang-orang hebat itu tidak mesti yang jauh, dengan biaya mahal, dan pengorbanan yang besar. Boleh jadi orang-orang hebat itu adalah teman-teman anda satu kelas yang mempunyai keahliah yang berbeda-beda.jangan malu untuk belajar walaupun ia teman sekelas kita, atau bahkan adik kelas. Karena ilmu dan hikmah adalah sesuatu yang hilang. Maka saat kita menemukannya, ambil dan jangan disia-siakan. Jadilah orang yang pandai bersyukur dan berterimakasih.

9.    Hati-hati Jebakan Lingkungan. Carilah sahabat yang baik dan berkarakter yang menyemangati saat lemah, mendukung setiap mimpi yang dibangun dan berlomba-lomba dalam kebaikan. Misalkan dalam meraih IP yang tinggi, menguasai percakapan bahasa inggris , dan lain-lain

Lingkungan kost-kostan pun sedikit banyak berpengaruh pada pembentukan karakter mahasiswa. Untuk itu, sebaiknya menghindari kost-kostan yang tidak memisahkan antara kost laki-laki dan perempuan (ingat pesan bang napi), hindari pula daerah yang tidak aman, seperti banyak kasus pencurian misalnya.

Sebaiknya dalam mencari kontrakan atau kost-kostan hal-hal di bawah ini diperhatikan:

– tidak terlalu dekat juga tidak terlalu jauh jaraknya dengan kampus

– aman dan memenuhi standar kesehatan

– lingkungan yang mendukung

– dekat dengan masjid atau musholla

 

10. Tanya pada yang sudah Berpangalaman. Sungguh tepat sekali pepatah “pengalaman adalah guru yang paling baik”. Dengan bertanya kita dapat mengefisienkan energy dari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dialami. Mulailah bertanya pada kakak tingkat yang pernah terlebih dahulu mengalami dan merasakan mata kuliah yang akan kita ambil. Dan jika boleh pinjam buku atau diktatnya.

11. Miliki Waktu Belajar Khusus Tiap Harinay. Ukurlah kemempuan diri untuk menguasai suatu mata kuliah tertentu dan buatlah alokasi waktu untuk mempelajarinya setiap hari. Luangkan waktu biarpun sedikit yang penting berkelanjutan (continue) untuk mengulang pelajaran yang sudah di dapatkan di kampus dan mempelajari materi yang akan diajarkan. Berprinsiplah untuk beberapa langkah lebih maju dari mahasiswa yang lain “one step ahead” adalah filofofi yang baik untuk diterapkan.

 12. Aktif Bertanya Dan Antusias Dalam Setiap Mata Kuliah. Banyak sekali mahasiswa yang kuliah hanya mendengarkan tanpa mencatat, belum lagi saat dosen menerangkan, malah bercanda atau membicarakan topic di luar perkuliahan. Belum lagi dosen yang kurang atraktiv dalam mengajar. Menambah kelengkapan keringnya suasana pembelajaran. Lalu bagaimana solusinya ?? siapkan diri dan berniatlah untuk hadir kuliah demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Tulis setiap materi, aktiflah bertanya apabila masih ada yang tidak dimengerti. Boleh jadi dosen mengenal karena kita sering bertanya, poin plus juga. Jangan takut apa yang kita tanyakan adalah pertanyaan yang tidak berkualitas atau semua orang sudah tahu dengan jawabannya. Yakini, bahwa kita belajar bukan untuk dinilai orang lain, namun untuk mendapatkan ilmu secara utuh.

 

13. Buat Dosen Kenal Dengan Posisi Kita. Tidak perlu dibuat-buat dengan kedekatan yang Nampak seperti menjilat agar mendapat nilai yang bagus. Tunjukan saja prestasi terbaik kita. Bersilaturahim dan berbuat baiklah kepada mereka. Karena esensinya mereka adalah guru, yang telah mengajarkan ilmu berharga untuk masa depan kita. Ingatlah barang siapa yang memuliakan penduduk bumi , maka penduduk langit akan memuliakannya pula.

Baik sekali mempraktikan hal ini, duduk di kursi depan dekat dengan sumber ilmu, tegakkan bahu, condongkan 5 cm ke depan, anggukkan kepala setiap kita memahami, dan tersenyumlah dengan tulus. Rasakan perbedaannya !

Udah G’ Jamannya Galau Lagi

‘Galau’, dulu istilah ini jika diucapkan bukanlah merupakan kata yang istimewa, tapi kalau sekarang…. wah siapa yang ngga’ heboh. Kata yang semakna dengan risau ini sekarang acap kali digunakan oleh kaum muda mudi untuk menyebut diri atau temannya yang tampak sedang memikirkan suatu hal dengan mimik bingung plus gugup dan sedikit putus asa. Di situs jejaring sosial pun bukan hal yang baru jika ada seseorang yang menulis status dengan note ‘lagi galau’. Bahkan salah satu stasiun televisi swasta dibumi pertiwi ini pernah memprogramkan satu scene yang khusus menyediakan tempat bagi para ‘galauers’ yang ingin menyalurkan kegalauan mereka dan… ngga’ pernah sepi peminat deh.
Untuk anak-anak muda, baik sekarang maupun dulu virus galau memang terkadang menjangkiti, hanya akhir-akhir ini saja menjadi sangat booming publikasinya. Istilah galau pun juga baru sekarang sangat populer. Tapi sebenarnya perlu ngga’ sih galau itu kita pelihara dan kita publikasikan ke umum???? Coba kita lihat dulu ulasannya…..
Galau itu…. bikin kita ngga’ bisa mikir jernih. Kita akan terus terbawa oleh suasana hati yang ngga’ tenang dan kita bisa lupa waktu. Wah gimana tuh? Padahal waktu adalah pedang, nah kalau itu saja bisa terlewat tanpa terasa gimana yang lain???? Tugas kampus yang numpuk, presentasi yang udah deadline, bahkan cucian yang numpuk pula – bagi yang in the kost – ngga’ bakal terlintas tuh. Udah terlihat kan dari sedikit ilustrasi di atas kalau bergalau-galau ria jelas merugikan kita. Makanya ayo kita tumpas virus-virus galau dari pikiran-pikiran kita. Caranya????
Beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghindarkan diri dari galau antara lain adalah dengan mengubah perspektif kita tentang sesuatu yang menimpa kita. Misalnya kita lagi deket sama someone yang spesial, tadi habis ketemu dan kita jadi mikirin terus sampai membayangkan kalau tadi ketemunya bisa lebih romantis lalu bisa bicara banyak dan bingung gimana cara menghilangkan itu, coba kita lihat masalah itu dari berbagai sisi, bukan dari sisi kita saja tapi dari sisi orang lain. Kalau kita memang butuh orang lain untuk membantu kita menyelesaikan masalah itu ya kita minta bantuan aja. Orang yang kuat bukanlah orang yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri tapi orang yang meminta pertimbangan orang lain agar masalahnya itu bisa terselesaikan dengan lebih baik karena setiap orang itu memang punya persepsi sendiri dalam menyikapi suatu masalah.
Cara lain untuk mengatasi bila kita sedang tertimpa kegalauan adalah dengan tidak menyendiri. Biasanya kalau kita menyendiri itu pikiran kita bisa ngelantur kemana-mana trus jatuhnya kita jadi galau deh.Maka dari itu sebaiknya kita mencari keramaian atau mencari kesibukan lain. Lebih baik lagi kalau kita mangisi kekosongan waktu kita itu dengan melakukan kegiatan yang positif, misalnya saja kita bisa mengikuti kegiatan-kegiatan kampus yang tentunya bisa memberikan manfaat pada kita. Gimana??? Gampang kan???
Di dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan bahwa kita sebagai seorang muslim dilarang untuk mudah berputus asa, “Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. [QS. Az-Zumar : 53]. Galau itu wajar aja sih buat kita, tapi jangan sampai kita galau berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu nggak baik.
Sebagai seorang muslim dan muslimah, cara akhir yang paling ampuh adalah lebih sering mendekatkan diri pada Sang Pencipta kita. Do’a adalah obat galau (Mario Teguh). Dengan sering berdo’a dan mendekatkan diri pada Tuhan kita akan terhindar dari yang namanya galau, atau paling nggak ke-galau-an kita lebih terkurangi. Dan jangan lupa sering membaca, mempelajari, dan mengamalkna Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an adalah obat penyejuk hati.
Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib dari suatu kaum hingga mereka merubah sendiri keadaan yang ada pada mereka. [QS. Ar-Ra’d : 11]
Kalau kita-kita generasi muda menjadi generasi galau bagaimana nasib bangsa ini?? Kita yang merupakan agen perubahan aja sukanya galau, lha negara kita mau jadi apa? Masa iya kita mau negara kita tercinta ini menjadi negara galau? Trus kapan majunya? Kita ini udah kalah jauh guys…. ayo kita katakan TIDAK pada galau. Kita bisa jadi agen perubahan yang benar-benar mantap menatap masa depan dengan keyakinana tinggi, no more galau….!!!! gimana friends setuju kan?? –Aquila El-Faruq –

Hadits Arba’in Nisaaiyyah 40 Nasihat Rosul Bagi Wanita

PART 1

1. Sholat di Rumah Lebih Utama

Ibn Umar r.a. meriwayatkan, bahwa baginda Rasul bersabda,

“ Janganlah kalian melarang kaum wanita pergi ke masjid; akan tetapi shalat dirumah adalah lebih baik bagi mereka” [ HR. Ab Daud dari Abdullah bin ‘Umar, no. 567, Ibnu Khuzaimah no. 1683, Al-Hakim no. 755 dan yang lainnya; shahih laghairihi ]

2. Wanita Boleh Keluar Rumah dengan Izin

Rasululloh SAW bersabda :

“ Allah telah mengijinkan kalian untuk keluar rumah guna menunaikan hajat kalian.” (Muttafaqun ‘Alahi)

Namun juga ingat petuah Rasulullah SAW,\ yang lainnya : “ wanita itu adalah aurat maka bila ia keluar rumah syaitan menyambutnya.” (HR. AT Tirmidzi, shahih lihat Al-Irwa’ no. 273 dan Shahihul Musnad 2/36)

Sehingga wajib baginya ketika hendak keluar harus memperhatikan adab yang telah disyariatkan oleh Allah SWT dan Rosul-Nya yaitu :

  1. Memakai jilbab yang syar’i sebagaimana dalam surat Al-Ahzab : 59
  2. Atas izin dari suaminya, bila ia sudah menikah.
  3. Tidak boleh melenggak lenggok ketika jalan.
  4. Hindari memakai wewangian. (Al-Jami’ush Shahih: 4/311)
  5. Tidak boleh bersafar kecuali dengan mahramnya. (HR. Muslim no 1341 )
  6. Tidak boleh menghentakan kaki ketika berjalan agar diketahui perhiasannya.(An-Nuur: 31)
  7. Tidak boleh ikhtilath(campur baur) dengan lawan jenis.(Lihat Shahih Al-Bukhari no. 870)
  8. Tidak boleh khalwat (menyepi dengan pria lain yang bukan muhram).(Lihat Shahih Muslim 2/978)

3. Allah Lebih Dekat dengan Wanita yang Berdiam di Rumah

Dari Abdullah, dari Nabi beliau bersabda, “ Sesungguhnya perempuan itu aurat. Jika dia keluar rumah maka syaitan akan menyambutnya. Keadaan perempuan yang paling dekat dengan Allahadalah ketika dia berada di dalam rumahnya.” ( HR.Ibnu Khuzaimah no. 1685, sanadnya dinilai shahih oleh Al-Albani).

4. Tidak Boleh Melarang Wanita Shalat ke Masjid

Shalat seorang wanita di rumahnya secara umum lebih baik dibandingkan shalatnya yang dilakukan di masjid. Namun bila ada wanita yang meminta ijin untuk shalat di masjid ( utamanyauntuk berjamaah ), kita tidak boleh melarangnya, berdasarkan riwayat :

“ Salah seorang istri ‘Umar bin Al-Khaththab r.a. biasa menghadiri shalat ‘Isya’mdan Shubuh berjamaah di masjid. Ada yang berkata kepadanya, ‘Mengapa Anda keluar, bukankah Anda tahu bahwa ‘Umar tidak menyukai hal ini dan pecemburu?’ Ia menjawab, ‘Apa yang menghalanginya untuk melarangku adalah sabda Nabi SAW ‘Janganlah kalian melarang kaum wanita pergi ke masjid.” ( HR. Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar, no. 858 dan Muslim no. 442. Lafazh ini milik Al-Bukhari)

5. Hukum Mengenakan Wewangian Saat Keluar Rumah

Hindari memakai wangi-wangian karena Rasulullah SAW bersabda :

“ Setiap mata itu berzina. Bila seorang wanita memakai wewangian kemudian ia melewati majelis laki-laki (yang bukan mahramnya) maka wanita itu begini dan begitu.” ( HR. At-Tirmidzi, no. 2237). Dalam Riwayat Ahmad (4/414)

“Wanita mana saja yang memakai wangi-wangian, kemudian ia melewati satu kaum agar mereka mencium wanginya, maka wanita itu pezina.” ( Dihasankan oleh Asy-Syaikh Muqbil dalam Al-Jami’us Shahih 4/311)

Mengapa si wanita disebut demikian? Karena ia mengobarkan syahwat lelaki dengan aroma yang berasal dari wewangian yang dipakainya. Sehingga mereka terpancing untuk memandangnya. Bila demikian, si lelaki menjadi berzina dengan kedua matanya dan si wanitalah penyebabnya, maka ia berdosa. Demikian kata Al-Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi (8/58).

Karena itu Nabi SAW melarang wanita yang ingin ikut shalat berjamaah di masjid untuk memakai minyak wangi sebagaimana sabdanya :

“Apabila salah seorang dari kalian (para wanita) ingin ikut shalat ‘Isya berjamaah (di masjid), maka janganlah ia memakai minyak wangi pada malam itu.” (shahih, HR. Muslim no. 443 )

Namun apabila dirumah, atau tampil bersama mahram (suami) mengenakan wewangian sangat dianjurkan. Sebab wangi yang semerbak member nuansa tersendiri, melapangkan dada, dan menyenangkan hati. Sehinnga wajar bika setiap insane menyukai, termasuk Rasul kita yang mulia SAW. Anas bin Malik r.a. berkata. “ Rosulullah SAW pernah bersabda:”

“Wanita dan minyak wangi dijadikan sebagai kecintaanku dari dunia ini dan shalat dijadikan sebagai penyejuk mataku,” (HR. Ahmad, 3/128 Mimma Laisa fish Shahihain, 1/82)

(Yeni)

RAHASIA PENCIPTAAN KUCING

RAHASIA PENCIPTAAN KUCING

Mata kucing merupakan salah satu bukti kesempurnaan Allah dalam penciptaan. Allah telah menciptakan mata kucing dengan pengaturan dan letak yang sesuai dengan makhluknya. Di salah satu ayat, Allah berfirman tentang kesempurnaan ciptaannya.
Gambar
Dia–lah Allah yang menciptakan, yang mengadakan, yang membentuk rupa, Dia memiliki nama – nama yang indah, apa yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada – Nya. Dan Dialah yang Maha perkasa lagi Maha bijaksana. ( QS. Al – Hasyr 24 )

Penglihatan malam kucing sangat kuat
Kelopak mata kucing terbuka di malam hari, ketika terkena sedikit cahaya, lapisan mata yang disebut iris membuat pupil mata membesar ( hamper 90% mata ) sehingga mereka lebih mudah melihat cahaya. Di saat mendapat cahaya yang lebih terang, system bekerja berlawanan untuk melindungi retina, pupil mengecil dan berubah menjadi garis tipis.

Ada sebuah lapisan yang tidak terdapat pada mata manusia. Lapisan ini berada di belakang retina, berfungsi sebagai penerima cahaya. Ketika cahaya jatuh di lapisan ini langsung di pantulkan kembali. Lapisan ini juga lah yang menyebabkan kenapa mata kucing bersinar di malam hari. Lapisan ini disebut Kristal tapetum lucidum yang dapat memantulkan cahaya. Karena kistal ini, cahaya yang jatuh di belakang mata di pantulkan kembali ke retina. Beberapa cahaya yang di pantulkan kembali ke lensa, sehingga mata bersinar. Struktur ini menyebabkan jumlah cahaya yang diterima mata meningkat sehingga bisa melihat dalam kegelapan. Oleh Karena itu, kucing bias melihat lebih baik dalam gelap.  Ini bukanlah bentuk dari bio-luminescence, sebab binatang tidak menghasilkan cahanya, melainkan hasil dari pemantulan.

Alasan lain kenapa kucing bisa melihat dalam gelap juga karena adanya sel–sel batang yang lebih banyak di bandingkang sel–sel kerucut di retina mereka. Sebagaimana kita ketahui, sel – sel batang hanya sensitive pada cahaya. Karena sel batang ini, kucing dapat berburu dengan mudah di malam hari. Seperti kita lihat, Allah menciptakan struktur mata yang sesuai dengan kondisi dan nutrisi yang mereka butuhkan. Mata kucing memiliki struktur dan karakteristik yang berbeda sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini adalah salah satu contoh dari hasil ciptaan Allah. Hasil ciptaan Allah yang unik ini terbukti dalam salah satu ayat:

Pencipta langit dan bumi, ketika Dia ingin menciptakan sesuatu, maka Dia hanya berkata “jadilah”, maka jadilah ia. ( QS. Al – Baqara 117 )

Bola mata kucing lebih besar
Jika bidang penglihatan manusia hanya sampai 160 derajat, kucing dapat dengan mudah hingga 187 derajat. Dengan karakteristik ini, mereka dapat dengan

mudah melihat ancaman yang ada. Ini adalah contoh karakteistik lain dari hasil ciptaan Allah dengan bentuk yang berbeda. Sebagaimana di katakan dalam Al – Qur’an, karakteristik ini adalah pelajaran bagi orang – orang yang beriman ;

Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagimu…( QS. An – Nahl 66 )

Struktur mata kucing berbeda dengan manusia
Pada mata kucing,  terdapat membran ketiga yang disebut “nictitating  membrane”. Membran ini transparan, dan bergerak dari satu bagian mata ke bagian yang lainnya. Sebagai contoh, kucing dapat mengedipkan mata mereka tanpa harus menutup semuanya.

Apakah mata kucing sensitif pada gerakan
Kucing tidak dapat melihat dalam jarak dekat dengan baik sebagaimana halnya manusia dan tidak bisa focus pada objek yang dekat dengan mereka. Tetapi Allah telah menciptakan rambut sensoris dengan mekanisme sensoris yang kuat buat kucing. Berkat penciuman dan rambut sensoris, kucing dapat dengan mudah mendeteksi dalam jarak dekat. Walau makhluk indah ini sulit melihat dalam jarak dekat, mereka dapat dengan mudah merasakan dengan jarak dua sampai enam meter. Jarak ini cukup bagi kucing agar dapat berburu.

Karakteristik lain pada mata kucing adalah mereka sensitive pada gerakan, keindahan dan yang sesuai dengan jarak penglihatan mereka. Mata kucing dan otaknya memisahkan setiap gerakan bingkai demi bingkai. Otak kucing bisa merasakan lebih banyak gambar daripada kita. Sebagai contoh, mereka dapat dengan mudah melihat tanda – tanda elektronika pada layar televise di bandingkan manusia. Ini adalah bakat khusus yang di berikan oleh Allah yang Mahakuasa kepada semua kucing. Hal ini dikarenakan  kucing menangkap mangsa mereka berdasarkan objek yang bergerak.

Detail dan ragam yang mengagumkan di ciptakan Allah bagi kucing
Mata kucing di ciptakan dengan kaakteristik luar biasa seperti makhluk lainnya. Ketika struktur dan karakteristik mata di uji secara individual, maka akan di lihat fungsi yang berbeda dan ini merupakan bukti dari beragamnya hasil penciptaan Allah. Variasi ini tidak dapat di katakana sebagai hasil dari mutasi ataupun seleksi alam. Allah telah memberikan mata yang sesuai dengan kebutuhan hidup dan nutrisi makhluknya.

Memiliki pengetahuan tentang system yang menakjubkan ini merupakan kesempatan bagi setiap orang untuk melihat kekuasaan dan pengetahuan Allah yang telah menciptakan makhluknya. Kita harus berterima kasih kepada Allah yang telah menciptakan alam semesta ini. Adapun bagi orang – orang yang yang menolak ayat – Nya, Allah menjulukinya “pendusta”, seperti di dalam ayat ;

Siapakah yang lebih zhalim daripada orang – orang yang telah di peringatkan dengan ayat – ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah di kerjakan oleh kedua tangannya? ( QS. Al – Kahfi 57 )

Kucing di ciptakan dalam bentuk yang ideal sesuai dengan lingkungan mereka, mereka perlu bernafas, makan, berburu dan mempertahankan diri agar tetap hidup. Oleh karena itu, mereka harus mengenal dunia mereka, dan membedakan antara musuh dan mangsa mereka. Dengan demikian, mereka memerlukan penglihatan khusus untuk melihat lingkungan mereka.

Bagaimanapun, Allah yang Mahakuasa, Tuhan dari semua dunia, telah memberikan karakteristik yang mengagumkan seperti mata yang memiliki struktur khusus, bentuk dan ketajaman penglihatan untuk kucing. Penciptaan mata yang memiliki kekhususan bagi kucing merupakan pelajaran bagi orang – orang yang beriman sebagaimana di sebutkan di dalam Al – Qur’an ;

Dan disana terdapat pelajaran bagimu…( QS. Al – Mu’miniin 21 )

Karakteristik mata kucing berfungsi sesuai dengan hukum yang di tetapkan Allah. Allah menciptakan mata ini dan setiap detilnya tanpa contoh sama sekali. Hal ini terungkap dalam ayat – ayat bahwa Allah adalah pencipta semuanya ;

Allah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian lagi berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu. ( QS. An – Nuur 45 )

22 Rahasia lain dari kucing

  1. Kucing memiliki sekitar 30 gigi dalam mulutnya.
  2.  Kucing tidur paling lama diantara binatang lainnya, sekitar 16 jam.
  3. Kucing dengan bulu putih dan mata biru biasanya terlahir tuli, walaupun begitu indera lain mereka berkembang sebagai gantinya.
  4. Dalam kerajaan binatang, IQ kucing hanya dapat dilewati oleh monyet dan simpanse ternyata kucing anggora atau kucing persia yang lucu sangat pandai ya?
  5. Kucing lebih mungkin selamat jika terjatuh dari lantai 20 daripada lantai 7. Alasannya karena kucing membutuhkan waktu setara dengan 8 tingkat untuk menyadari apa yang terjadi, tenang dan membetulkan posisinya
  6. Kucing bisa berjerawat.. kayak manusia aja ya?
  7. Sama dengan frekuensi mesin diesel yang tidak sedang bekerja, kucing bergumam 26 putaran/detik
  8. Kumis pada kucing sangat sensitif dan dapat merasakan perubahan tekanan udara bahkan yang kecil sekalipun. Kemampuan ini membuat kucing dapat menggunakannya sebagai penuntun alternatif untuk bergerak dalam kegelapan ketika ia tidak dapat melihat.
  9. Semua kucing berjalan dengan jinjit.
  10. Walaupun kucing memiliki 5 jari di kaki depan, mereka hanya mempunyai 4 jari pada kaki belakang. Namun pada beberapa kucing dapat terlahir dengan jari banyak sampai 7 bahkan dengan tulang tambahan.
  11. Pada saat kucing berumur 6 bulan, itu setara dengan 10 tahun usia manusia.
  12. Jika anda butuh sinar UV untuk melihat, pakai saja kencing kucing, karena kencing mereka menyala dalam gelap.
  13. Tahukah kamu, kucing (Felis silvestrid-catus), terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh dan atau memakan beberapa ribu species, mengalahkan kucing besar (seperti singa, harimau, dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 species . Namun karena ukurannya terbilang kecil, maka tidak berbahaya bagi manusia (syukurlah…). Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.
  14. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang Mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun, percaya atau tidak, di dunia ini hanya terdapat 1% populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai ras atau biasa yang kita sebut sebagai kucing kampung. Karena itu, kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.
  15. Di Indonesia, suara kucing sering ditulis dengan kata “Meong”. Dalam bahasa Inggris yang digunakan di Amerika, suara kucing sering ditulis dengan “Meow”. Di negara Inggris sendiri, suara kucing ditulis “Miaow”. Kalau bahasa Jepang sering ditulis dengan kata “Nya”.
  16. Kucing biasanya memiliki berat badan antara 2,5 hingga 7 kg dan jarang melebihi 10 kg, kecuali diberi makan berlebih, si pussy bisa mencapai berat badan 23 kg. Dalam penangkaran, kucing dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, dimana kucing tertua pernah diketahui berusia 36 tahun! Kucing liar yang hidup di lingkungan urban modern hanya mampu hidup selama 2 tahun atau bahkan kurang dari itu.
  17. Kucing termasuk hewan yang sangat bersih. Mereka sering merawat diri dengan menjilati rambut mereka. Saliva atau air liur mereka adalah agen pembersih yang kuat. tapi dapat memicu alergi pada manusia. Kadangkala kucing memuntahkan semacam hairball atau gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya. Sementara itu kucing dapat menyimpan energi dengan cara tidur lebih sering ketimbang hewan lain. Lama tidur kucing bervariasi antara 12 – 16 jam per hari, dengan angka rata-rata 13 – 14 jam. Tapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur selama 20 jam dalam satu hari!
  18. Percaya atau tidak, di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahyul itu. Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.
  19.  Jenis yang paling kecil adalah kucing berbulu bintik-bintik yang ditemukan di Sri Lanka. Ukurannya setengah ukuran kucing kampung.
  20. Meong!
    Kucing kampung mendengkur setiap 26 kali per detik, sama dengan frekwensi mesin disel dalam keadaan idle. Kucing kampung dapat mendengar frekswensi suara hingga 65 kHz, sedangkan manusia hingga 20 kHz. Kemampuan indera penciumannya 14 kali lebih kuat daripada penciuman manusia.
  21. Kucing melangkah dengan kedua kaki kirinya, sedangkan pada saat berlari menggunakan kedua kaki kanannya . Satu-satunya binatang yang melakukan hal ini adalah jerapah dan onta.
  22. Kucing langka
    Memang jenis kucing kampung adalah yang paling banyak, tetapi ada juga jenis kucing yang sangat langka bahkan terancam kepunahan di muka bumi. Hanya terdapat sekitar 250 ekor kucing mirip musang di Malabar, Asia yang berjuang dari kepunahan. Kucing Iriomote, ditemukan di kepulauan Jepang Iriomotejima, dengan jumlah kurang dari 100 ekor.

Sumber: Dikutip dari Yahyaharun.com