Sambutan Ketua JMV

Wahyu Mahmudi

Wahyu Mahmudi

Assalamualaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera dan luar biasa untuk kita semua,

Alhamdhulillahirrobbilalamin…  puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan berkah dan nikmat yang tiada henti-hentinya. Baik nikmat islam, iman, kesehatan serta kehangatan dalam dekapan ukhuwah Jama’ah Muslim Veteriner Fakultas Kedokteran Hewan UNAIR.

Sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan nabi Muhammad SAW. Beserta keluarga dan sahabat – sahabatnya yang telah menorehkan perubahan peradaban dunia jahiliyah menjadi kearah fikriyah yang terang benderang. Tapi perlu di ingat akhi / ukhti bahwa sesungguhnya tongkat estafet perjuangan dakwah itu belum terhenti di garis finish. Dan Allah telah mempersiapkan barisan orang – orang yang telah siap untuk mengambil bagian dalam estafet dakwah ini. Yang perlu dipertanyakan. “Apakah kita sudah benar – benar menjadi orang – orang yang  tergabung dalam barisan itu ?”. Bismillah….., semoga kita termasuk didalamnya yang selalu menjalin ukhuwah dalam iman serta saling mengingatkan dalam kebaikan.

Dakwah kampus yang telah bergulir selama lebih dari 20 tahun lamanya telah memberikan banyak perubahan untuk perbaikan Indonesia. Berbicara tentang dakwah kampus, maka kita akan membicarakan tentang masa depan bangsa dan perbaikan bangsa. Dakwah kampus inilah yang nantinya akan menjadi salah satu tonggak peradaban masa depan. Membangun peradaban, ya itulah yang akan kita lakukan di kampus ini, FKH UNAIR. Kampus merupakan suatu tempat yang di ibaratkan sebagai kawah candradimuka yang berperan dalam membangun individu yang kuat serta peran sentral dakwah kampus yang identik dengan dakwah mahasiswa.

Mahasiswa memiliki banyak keunggulan lainnya sebagai objek dakwah utama, selain kapasitas pribadinya. Mahasiswa biasanya belum banyak sibuk dengan urusan  dunia, ia masih banyak berkutat dalam hal menuntut ilmu saja. masa depan mahasiswa yang relatif panjang juga merupakan kesempatan tersendiri, seorang mahasiswa saat ini bahkan bisa mendapat gelar sarjana pada usia 20 tahun. Usia yang sangat muda , dan mempunyai kesempatan periode hidup yang relatif panjang untuk merubah diri dan masyarakat. serta sifat pemuda yang melekat pada mahasiswa menjadi kekuatan yang tidak boleh dilupakan, sejarah membuktikan bahwa pemudalah yang nantinya akan mengubah bangsa.

Mahasiswa juga selalu dikenal sebagai pihak yang netral, dimana ia selalu memberi tanpa memihak, ia bergerak berdasar naluri untuk melakukan kebaikan dan perubahan. Budaya untuk berkontribusi juga dapat dilihat pada mahasiswa, ia terus bekerja dan bekerja untuk mencapai tujuannya, budaya dinamis dapat dilihat pada mahasiswa.

Gambar diatas menggambarkan ekskalasi perbaikan peradaban, dimulai dari perbaikan individu, dimana individu ini akan membangun sebuah keluarga, lalu kumpulan keluarga ini akan membentuk dan bergabung dalam masyarakat dan menjadi bagian dalam perbaikan negara. Tahap terakhir adalah bagaimana kumpulan negara yang ada akan membangun sebuah era baru peradaban Dunia. Peran dakwah kampus dalam tahapan ini menekankan pada perbaikan individu dan masyarakat.

Dengan memahami urgensi serta tujuan dakwah kampus ini, diharapkan setiap aktifis dakwah ( Anggota JMV dalam hal ini) mengetahui tujuan turunan dari dakwah yakni dakwah kampus itu sendiri dengan baik. Pemahaman yang baik terhadap gambaran umum mimpi mulia dakwah kampus yang berkaitan erat dengan pembangunan peradaban. Mungkin, tak banyak yang mengira bahwa hal kecil yang dilakukan di dakwah kampus akan sangat berdampak pada perubahan yang terjadi di masa yang akan datang. Seorang aktifis dakwah kampus yang memiliki pemahaman ini akan memiliki energi lebih dalam bergerak, ia tidak bergerak dengan pemahaman yang teknis saja, akan tetapi ia akan memahami peran strategis yang ia akan jalankan berdasarkan pemahaman terhadap gambaran besar dakwah kampus ini.

Bismillah, dengan terbentuknya kepengurusan JMV 2012 semoga dapat memberikan warna dan spirit baru dalam berdakwah menyeru kebenaran serta mengajak dalam kebaikan di kampus  ini. Jalan ini masih panjang saudaraku, hambatan, rintangan, tantangan itu adlah suatu kepastian yang akan kita temui dalam jalan dakwah ini. Baik itu dari intern JMV sendiri atau eksternal/lingkungan. Semoga dapat saling menguatkan dalam ukhuwah ini.

Selamat dan Semangat Untuk Pengurus JMV 2013 dalam mengemban amanah dakwah di kampus FKH UNAIR tercinta.

_ Mas’ul JMV 2013_

One thought on “Sambutan Ketua JMV

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s